Pertama, kata “murah”—apalagi “gratis”—biasanya membawa dua hal: kualitas yang tidak terlalu tinggi, atau layanan yang terbatas. Pun demikian saat kita berbicara tentang teknologi CAT tools. Semakin tinggi harganya, semakin banyak pula fitur yang akan mempermudah pekerjaan kita. Tapi, CAT tool “murah” dan “gratis” pun tidak serta-merta berarti tidak layak pakai atau tidak bisa mendongkrak produktivitas. CAT tool “murah” hanya memiliki beberapa keterbatasan yang sejatinya bisa kita akali.

Di awal saya menggeluti dunia penerjemahan, selain kendala pengalaman yang belum terlalu banyak, dilema yang jelas saya hadapi adalah tingginya harga CAT tool “premium” di pasaran. Belum lagi biaya upgrade tahunan (atau tiap ada versi baru) yang juga tidak sedikit. Lalu, bagaimana solusinya?

Yang pasti, solusi murah adalah dengan menggunakan CAT tools gratisan. Tapi sekali lagi, “gratis” maupun “murah” di sini bukan berarti tidak layak pakai atau tidak bisa mendongkrak produktivitas. Bagaimana pun, CAT tools gratisan juga tetap dirancang untuk keperluan profesional.

Pada tulisan saya sebelumnya, saya sempat menyinggung soal OmegaT di sini. Nah, sekarang saya ingin melanjutkan tulisan tersebut dengan mengupas beberapa CAT tools lain yang bisa menekan modal dan pengeluaran kita sebagai penerjemah.

1. Wordfast for Ms. Word

Sesuai namanya, Wordfast for Ms. Word adalah add-on yang “ditanamkan” ke dalam Microsoft Word dan tentunya, digunakan untuk memproses dokumen berbasis Ms. Word. Karena berupa add-on, maka pada dasarnya kita bekerja secara langsung pada antarmuka Microsoft Word namun dengan isi dokumen telah tersegmentasi sedemikian rupa seperti ketika menggunakan stand-alone CAT tool pada umumnya.

Memang, karena ini khusus untuk Ms. Word, maka add-on yang satu ini tidak bisa kita gunakan untuk memproses dokumen maupun package dari aplikasi lain. Tapi, jika kita memang lebih sering atau hanya menerjemahkan dokumen dalam format Ms. Word, add-on dari Wordfast ini wajib dimiliki karena akan menekan biaya belanja CAT tool. Lumayan, kan?

Silakan unduh versi gratisnya di sini. Petunjuk instalasi telah disertakan. Atau silakan beli versi terbarunya di sini.

Wordfast for Word

Toolbar Wordfast for Word

Jika Wordfast for Word ini berhasil diinstal, toolbar baru akan muncul pada bagian title bar Ms. Word. Jika toolbar ini belum muncul, pastikan pada Ms. Word muncul menu baru yaitu Add-ins. Pada menu inilah submenu Wordfast berada. Tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + W untuk memunculkan toolbar Wordfast for Word ini.

Wordfast for Word

Selamat, Wordfast for Word sudah terinstal

Secara garis besar, untuk menggunakan Wordfast for Word ini, cukup buka dokumen yang hendak diterjemahkan. Tekan tombol kombinasi Alt + Down (panah ke bawah) pada keyboard. Biasanya akan muncul permintaan untuk mengubah mode tampilan ke Draft (View – Draft). Pilih “Yes”.

Wordfast for Word

Konfirmasi perubahan mode tampilan ruang kerja Ms. Word ke Draft view

Sebelum dokumen siap diterjemahkan, kita akan diminta memilih atau membuat TM baru. Silakan ikuti petunjuk yang selanjutnya muncul di layar.

Wordfast for Word

Belum ada TM yang dipilih

Wordfast for Word

Memilih atau membuat TM baru

Setelah memilih atau membuat TM baru, dokumen akan disajikan di layar dan tersegmentasi sedemikian rupa. Di bawah kalimat yang akan kita terjemahkan, muncul baris baru tempat kita menerjemahkan. Ketikkan terjemahan kita pada baris tersebut. Untuk berpindah ke segmen berikutnya, tekan Alt + Down lagi. Setelah semua segmen diterjemahkan, tekan Alt + End. Untuk mendapatkan dokumen akhir (teks target), tekan Shift + Ctrl + Q.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *