Menyambung tulisan sebelumnya…..

Kata “murah”—apalagi “gratis”—biasanya membawa dua hal: kualitas yang tidak terlalu tinggi, atau layanan yang terbatas. Pun demikian saat kita berbicara tentang teknologi CAT tools. Semakin tinggi harganya, semakin banyak pula fitur yang akan mempermudah pekerjaan kita. Tapi, CAT tool “murah” dan “gratis” pun tidak serta-merta berarti tidak layak pakai atau tidak bisa mendongkrak produktivitas. CAT tool “murah” hanya memiliki beberapa keterbatasan yang sejatinya bisa kita akali.

CAT tool apa saja yang bisa kita gunakan untuk menekan belanja lisensi kita? Berikut lanjutan artikel sebelumnya.

4. Matecat

Matecat adalah platform online yang menurut saya, secara teknologi berkembang sangat cepat. Platform ini mendukung 68 format file, termasuk file dari CAT tool lain seperti SDL Trados. Bagi saya, platform ini benar-benar bisa memotong cost belanja CAT tool yang harganya selangit, apalagi penggunaannya yang sangat mudah. Tinggal drag and drop file yang hendak diterjemahkan, lalu analisa file tersebut (untuk melihat jumlah kata, segmentasi, dsb.), dan file siap diproses.

Lebih jelasnya, berikut prosedur menerjemahkan menggunakan Matecat:

  • Buka matecat.com. Setelah halaman utama Matecat terbuka, lalu: 1) Beri nama proyek, 2) tentukan pasangan bahasa, 3) tentukan subjek dokumen, 4) masukkan file yang hendak diterjemahkan dengan menekan tombol Add files yang tersedia atau dengan drag and drop dari local drive Anda.
Matecat

Memulai project di Matecat

  • File akan diunggah ke Matecat. Lama pengunggahan file tergantung ukuran file yang akan diterjemahkan. Setelah file berhasil diunggah, klik tombol Analyze di pojok kanan bawah.
Matecat

Mengunggah dan menganalisa file yang akan diterjemahkan

  • Matecat akan melakukan analisa mengenai jumlah kata, repetisi, perkiraan lama pengerjaan, dsb. Klik Translate di pojok kanan bawah.
Matecat

Hasil analisa Matecat

  • Pada jendela yang muncul berikutnya, klik tombol Open untuk langsung menerjemahkan dokumen, atau salin tautan yang ada lalu kita bagikan ke rekan kita (jika bekerja secara tim).
Matecat

Dokumen siap diterjemahkan, tinggal klik “Open”

Sebagai platform online, Matecat sudah terintegrasi dengan machine translation. Meski terjemahan mesin tidak dapat diandalkan, fitur ini cukup membantu, terutama untuk kalimat-kalimat yang tidak terlalu kompleks sehingga akan membantu mempercepat pekerjaan kita.

Setelah selesai menerjemahkan, tinggal klik Download Translation dan pilih output yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *