5 kunci sukses vs. penghasilan kategori “sukses”

Sekali lagi saya tegaskan, sekian puluh juta rupiah per bulan adalah relatif dan tidak menjadi satu-satunya penanda kesuksesan. Bisa jadi saya mendapat 10 juta per bulan dan itu sudah “sukses”. Tapi akan selalu ada yang bisa mendapat 30 juta per bulan, dan karenanya disebut “jauh lebih sukses” ketimbang saya.

Dengan melakukan 5 kunci sukses di atas, tidak ada yang menjamin berapa besar penghasilan kita sebulannya. Bisa jadi memang cukup 10 juta, 20 juta, atau lebih. Yang jelas, dengan melakukan 5 kunci sukses di atas, saya sudah “sukses” tenggelam di industri penerjemahan dan mudah-mudahan segera naik tingkat ke “sukses” berikutnya 🙂

Penghasilan penerjemah

Berapa penghasilan penerjemah agar bisa disebut “sukses”? Sumber dan hak cipta gambar: ragnarocks / 123RF Stock Photo

“Sukses” dengan kategori sekian puluh juta per bulan itu bisa diraih karena beragam faktor tambahan. Bagi penerjemah in-house, belasan hingga puluhan juta per bulan sudah pasti ditanggung oleh agensi tempat mereka bekerja. Plus, apalagi kalau berani nyamping kanan dan kiri. Sedangkan bagi freelancer seperti saya? Jujur, penerjemah freelance harus berani kerja ekstra, tidak memasang tarif terlalu rendah, atau bahkan berani “perih” di akhir pekan, dsb. Bahkan di luar jam menerjemahkan atau saat sedang sepi job, saya harus melakukan hal-hal di luar urusan terjemahan. Kebetulan saya lulusan politeknik jurusan multimedia. Jadi kalau tidak sedang menerjemahkan, kadang saya bantu-bantu anak sekolah atau mahasiswa mengedit video tugas mata pelajaran atau mata kuliah tertentu, mengajar les komputer untuk guru-guru SD dan perangkat desa, dsb.

Baca juga: 100.000 USD per tahun, mungkinkah?

Memang banyak yang bilang, penghasilan freelancer malah bisa jadi jauh lebih besar ketimbang mereka yang mengandalkan gaji dari kantor semata. Tapi, tentu saja tidak ada puluhan juta rupiah per bulan dengan kerja santai dan enak, bukan?

Yang jelas, harus tetap ada waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Harus tetap bisa menikmati hobi, bisa jalan-jalan, dan bisa tidur nyenyak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *