Punya banyak akun media sosial dan merasa ribet kalau ingin update promosi jasa penerjemahan atau sekedar berbagi konten blog?

Biasanya, setiap kali kita ingin mengunggah atau memublikasikan suatu informasi ke banyak media sosial sekaligus, sebagian besar dari kita mungkin melakukannya secara manual: buka banyak tab di peramban, satu untuk Facebook, satu untuk Twitter, satu untuk Google+, dst. Buat status atau memublikasikan informasi di salah satu akun media sosial, lalu copy-paste atau tulis ulang di akun lainnya. Memakan waktu dan tidak praktis, bukan? Bagaimana solusinya?

Solusinya adalah menggunakan layanan Hootsuite. Dengan layanan ini, semua tab media sosial akan ditampilkan sekaligus hanya dengan sekali klik. Tinggal pilih di akun mana saja sebuah postingan akan ditampilkan, lalu buat status atau informasi baru, dan terakhir, publikasikan! Selain dapat memantau pembaruan di semua media sosial secara real time, kita juga dapat menjadwalkan kapan sebuah postingan akan kita publikasikan.

Nah, sekarang bagaimana caranya menggunakan layanan Hootsuite ini? Berikut langkah-langkahnya:

Langkah #1

Langkah pertama adalah mendaftar ke layanan Hootsuite di https://hootsuite.com/plans menggunakan salah satu akun media sosial kita atau menggunakan email. Silakan pilih sesuai kebutuhan.

Hootsuite

Mendaftar layanan Hootsuite

Untuk permulaan, bisa pilih free plan dengan beberapa fasilitas, di antaranya: 3 profil media sosial (bisa memposting ke 3 media sosial sekaligus), bebas menjadwalkan publikasi status atau konten, aplikasi berbasis web untuk diintegrasikan dengan akun Hootsuite, pelatihan atau kursus optimalisasi penggunaan media sosial, dll.

Langkah #2

Setelah berhasil mendaftar, kita akan dibawa ke dashboard dan kita akan diminta untuk menentukan media sosial apa saja yang akan kita gunakan. Lihat gambar di bawah ini:

Hootsuite

Menambahkan akun media sosial

Akan ada 3 media sosial yang akan “ditawarkan” pada kita, yaitu Twitter, Facebook, dan LinkedIn. Jika media sosial yang aktif kita gunakan tidak “tersedia”, klik connect a different social network.

Hootsuite

Hubungkan akun media sosial kita dengan Hootsuite

Misalnya kita aktif menggunakan Google+, silakan hubungkan (connect with) Google+. Jangan lupa, hubungkan juga 2 akun media sosial kita yang lainnya agar “promosi” kita maksimal.

Setelah menghubungkan 3 akun media sosial kita ke Hootsuite, sekarang saatnya menambahkan stream ke dashboard Hootsuite untuk memantau media sosial beserta konten yang kita bagikan.

Hootsuite

Menambahkan “stream” akun media sosial kita ke antarmuka Hootsuite

Selanjutnya, setelah semua stream media sosial kita ditampilkan, saatnya memublikasikan informasi atau konten kepada “pemirsa” kita. Caranya:

Hootsuite

Pilih ke akun mana saja pembaruan akan dikirimkan

Hootsuite

Pilih akun media sosial, tulis pembaruan (update), jadwalkan, publikasikan

Pilih di akun mana pembaruan status atau informasi hendak dipublikasikan. Tulis status atau informasi yang akan dibagikan. Klik Scheduling untuk menerbitkan pembaruan nanti, atau Send now untuk langsung memublikasikan saat ini.

Mudah, bukan?

Kini, saatnya fokus membuat konten dan urusan publikasi, serahkan saja pada Hootsuite 🙂

2 thoughts on “Cara Mudah Kelola Banyak Akun Media Sosial untuk Promosi Jasa Penerjemahan

    • Halo, terima kasih atas kunjungannya 🙂

      Kebetulan saya memakai keduanya. Sederhananya, SNAP saya pakai setiap kali saya memiliki artikel baru (http://activetranslationbykhadis.com/2016/12/05/memublikasikan-konten-blog-ke-banyak-akun-media-sosial-sekaligus/). Sementara Hootsuite saya gunakan untuk memublikasikan ulang (repost) “status” tentang artikel lama saya yang saya rasa masih relevan untuk dibagikan ulang pada pembaca atau calon pembaca saya.

      Kalau soal bagusan yang mana, dua-duanya bagus. Hanya fitur dan jangkauannya saja yang berbeda. Hootusite memang hanya dibatasi 7 media sosial (dan berbayar), sementara SNAP (konon) bisa memposting artikel hingga 30 kanal. Untuk SNAP sendiri, saya hanya memanfaatkan 3 fitur media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.