Punya konten blog yang harus segera dibagikan ke banyak pembaca? Punya dan aktif di banyak akun media sosial? Keduanya kombinasi sempurna untuk mendongkrak “popularitas” sekaligus peluang penjualan jasa penerjemahan kita!

Sebelumnya, saya sempat menuliskan bagaimana caranya mengelola banyak akun media sosial untuk keperluan publikasi konten blog atau sekedar update status di sini. Tapi, kalau untuk memublikasikan konten blog saja, kelihatannya masih “ribet”, ya? Bisakah kita melakukannya langsung dari blog kita, bersamaan dengan kita menekan tombol Publish begitu sebuah konten siap dipublikasikan?

Jika Anda adalah pengguna blog berbasis WordPress yang juga punya banyak akun media sosial, serta aktif memasarkan jasa penerjemahan Anda melalui akun-akun media sosial Anda tersebut, ada baiknya untuk mempertimbangkan plugin yang memudahkan Anda membagikan konten blog secara praktis.

Nah, plugin yang saya maksud di antaranya adalah NextScript: Social Networks Auto-Poster (SNAP). Plugin ini adalah plugin yang menurut saya paling praktis. Begitu ia dipasang pada blog Anda, Anda akan bisa memublikasikan konten blog Anda ke lebih dari 30 “saluran” media sosial sekaligus.

Wah, posting ke lebih dari 30 jenis media sosial sekaligus?

Ya. Kebanyakan dari kita mungkin tidak benar-benar memiliki lebih dari 3 sampai 5 akun media sosial sekaligus. Tapi, kalau saja memang iya (punya lebih dari 3 sampai 5 akun media sosial sekaligus), plugin SNAP ini akan sangat, sangat, sangat membantu. Begitu klik tombol Publish, konten Anda secara otomatis muncul di banyak saluran sekaligus. Yang artinya, semakin banyak tulisan Anda muncul di banyak saluran, maka semakin mudah bagi pengguna mesin pencari untuk dapat menemukan Anda. Lebih jauh, jasa yang Anda tawarkan akan semakin mudah ditemukan dan tentu, hal ini akan ikut membantu menaikkan reputasi blog Anda.

Bagaimana cara memasang plugin ini pada blog kita?

Sangat mudah. Tinggal masuk ke Dasboard – Plugins – Add New kemudian cari nama plugin ini lalu klik Install Now. Jangan lupa klik Activate untuk mengaktifkan layanan plugin ini.

Mencari dan memasang plugin SNAP

Mencari dan memasang plugin SNAP

Langkah selanjutnya, tinggal tambahkan akun media sosial kita dan lakukan pengaturan-pengaturan sesuai “permintaan” si SNAP. Tapi perlu diingat, konfigurasi sekali seumur hidup ini, menurut saya pribadi memang agak ribet. Untuk lebih jelasnya (step-by-step), silakan kunjungi beberapa tautan berikut:

Untuk auto-post ke Twitter, silakan baca panduannya di sini.

Untuk auto-post ke Facebook, silakan baca panduannya di sini.

Untuk auto-post ke LinkedIn, silakan baca panduannya di sini.

Untuk auto-post ke Google+, silakan baca panduannya di sini.

Nah, jika semua pengaturan sudah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat artikel atau konten yang hendak dipublikasikan. Begitu konten siap diterbitkan, gulung layar WordPress Anda ke bawah. Di bawah jendela editor teks, akan ada kolom NextScript: Social Networks Auto-Poster Post Options. Silakan atur sesuai kebutuhan. Misalnya (pengaturan untuk Facebook):

Pengaturan format publikasi di Facebook.

Pengaturan format publikasi di Facebook.

Terakhir, klik Publish untuk memublikasikan konten yang baru saja Anda buat. Plugin ini juga dapat bekerja saat kita mengatur jadwal terbit konten kita. Misalnya konten dibuat hari ini untuk kemudian diterbitkan minggu depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *