Article by Colin Cutler, translated with permission from http://www.boldmethod.com/.

terjemahan bidang aviasi

Gambar oleh: Boldmethod

Saat berbicara tentang busi, benarkah dua busi lebih baik daripada satu? Kebanyakan mesin mobil hanya memiliki satu busi per silinder, dan kelihatannya dapat bekerja dengan baik-baik saja. Tapi saat berbicara mengenai pesawat terbang, busi ganda sangatlah penting karena 3 alasan.

1. Keandalan

Pertama, keandalan memiliki peran sangat penting dalam hal mengapa mesin pesawat memiliki dua busi per silinder. Bayangkan: Anda sedang terbang menjelajah dan dinamonya mati. Jika Anda memiliki sistem pengapian dengan hanya satu busi per silinder, maka mesin Anda akan berhenti begitu saja. Dan baling-baling Anda? Tergantung pada kecepatan Anda, baling-baling akan berputar secara perlahan sementara Anda menukik jatuh, atau ia akan berhenti sama sekali.

Masih ingat pepatah yang mengatakan bahwa baling-baling adalah kipas besar yang menjaga pilot tetap sejuk, dan saat ia berhenti berputar maka pilot mulai berkeringat? Bisa-bisa muncul keringat sebesar kepalan tangan.

Tapi bukan itu saja masalahnya. Katakanlah busi Anda mati dalam penerbangan. Seandainya Anda hanya memiliki satu busi per silinder, Anda akan kehilangan lebih dari 25% tenaga Anda, itu jika Anda terbang dengan mesin 4 silinder. Dan jika Anda pernah menerbangkan pesawat kecil bermesin tunggal, tentunya Anda tahu bahwa penurunan tenaga seperti itu bisa berarti perbedaan daya jelajah dan ketidakmampuan mempertahankan ketinggian.

terjemahan bidang aviasi

Busi ganda dan busi tunggal

Dengan sistem pengapian dua busi, tidak akan ada masalah. Jika Anda mengalami kegagalan dinamo, mungkin Anda akan melihat sedikit penurunan pada RPM mesin, namun dinamo lain dan busi yang terpasang di dalamnya, akan tetap bekerja pada semua silinder. Dan jika busi Anda mati? Hal yang sama akan terjadi.

2. Lebih Banyak Tenaga

Ada keuntungan lain jika memiliki dua busi per mesin, yaitu tenaga. Saat dua busi menyala bersama dalam satu silinder, Anda akan mendapatkan yang namanya “twin flame front”. Artinya alih-alih campuran bahan bakar dan udara membakar dari satu titik pada silinder, campuran keduanya membakar dari dua lokasi terpisah pada sisi yang berlawanan dari silinder.

terjemahan bidang aviasi

Lebih banyak daya yang diproduksi

Hal ini penting karena dua alasan: 1) Campuran bahan bakar dan udara terbakar lebih cepat, dan 2) keduanya bercampur sempurna. Dan jika keduanya ada dalam silinder Anda, maka Anda akan mendapat lebih banyak tenaga yang juga menjadi dambaan semua pilot.

3. Pembakaran Lebih Merata

Pembakaran yang lebih merata adalah faktor penting terakhir dalam konfigurasi busi ganda. Saat Anda hanya memiliki satu busi per silinder, campuran bahan bakar dan udara terbakar dari atas ke bawah dari pusat silinder dan bergerak keluar.

terjemahan bidang aviasi

Pola pembakaran busi ganda vs. busi tunggal

Tapi saat Anda memiliki dua busi pada sisi berlawanan dari silinder, campuran bahan bakar dan udara terbakar dari tepi silinder dan bergerak masuk.

Pembakaran merata ini membantu mencegah hot-spot dalam silinder, dan mendistribusikan tekanan secara lebih merata di seluruh silinder, yang penting bagi mesin besar berkompresi tinggi dan berpendingin udara yang ditemukan pada kebanyakan pesawat pada penerbangan umum.

terjemahan bidang aviasi

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/scsibug/5138530738/sizes/l

Kotoran Busi

Ada satu keuntungan terakhir pada konfigurasi busi ganda, dan ini ada hubungannya dengan kotoran busi. 100LL Avgas mengandung timbal. Lebih spesifiknya, mengandung “TEL” atau tetraethyllead.

TEL ditambahkan ke avgas untuk mencegah engine knocking (atau disebut juga sebagai detonasi). TEL membantu mencegah mesin ngelitik, yang merupakan pembakaran tak terkendali campuran bahan bakar dan udara pada silinder Anda, dengan menaikkan temperatur dan tekanan di mana penyalaan otomatis terjadi.

Selain mencegah mesin ngelitik, TEL juga membawa masalah lain: endapan timbal. Jika TEL tidak menguap sempurna pada siklus pembakaran mesin Anda, yang dapat terjadi jika mesin Anda terlalu dingin, endapan timbal dapat menumpuk pada busi yang akhirnya menyebabkan macet.

terjemahan bidang aviasi

Sumber gambar: http://www.aa1car.com/library/cm1196.htm

Di situlah pembakaran ganda berperan. Jika busi kotor, Anda masih memiliki busi cadangan yang akan terus menyala.

Dua Busi Jelas Lebih Baik dari Satu Busi

Dengan dua busi per silinder, mesin pesawat Anda menjadi lebih handal, lebih bertenaga, dan pembakaran bahan bakar menjadi lebih merata. Dan jika Anda mengombinasikan ketiganya, akan Anda dapatkan mesin yang sangat handal yang akan menjaga Anda tetap terbang tinggi sampai Anda memutuskan untuk mendarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *