SDL Trados

SDL menyediakan setidaknya 2 cara membuat termbase, yaitu melalui SDL MultiTerm, dan langsung dari SDL Trados. Untuk membuat termbase di SDL Trados, Anda bisa melakukannya sembari menerjemahkan.

*Catatan: pada tutorial ini saya menggunakan SDL Trados 2014.

Untuk membuat termbase melalui SDL Trados, Anda tetap perlu membuat package-nya terlebih dahulu di SDL MultiTerm. Package ini nantinya menjadi semacam “wadah” atau basis data bagi istilah-istilah yang akan kita butuhkan selama proses penerjemahan.

Pertama, buka SDL MultiTerm dan buat termbase baru: File – New – Create Termbase. Pada jendela yang muncul, tentukan di mana kita akan menyimpan berkas termbase ini dan beri nama untuk mempermudah identifikasi, misalnya “termbase resep masakan”.

Membuat termbase di SDL MultiTerm

Membuat termbase di SDL MultiTerm

Di jendela berikutnya, klik Next lalu plih Create a new termbase definition from the scratch dan klik Next lagi. Pada kolom Termbase name, berikan saja nama yang sama dengan nama berkasnya (“termbase resep masakan”). Klik Next lalu di jendela Language Fields, pilih bahasa yang akan digunakan dalam termbase. Misalnya bahasa Inggris dan Indonesia. Klik Next.

Untuk kolom Descriptive Fields dan Entry Structure sementara boleh dilewati. Langsung klik Finish. Tutup SDL MultiTerm.

Kedua, buka SDL Trados dan buat new project seperti biasa (masukkan project details, project languages, project files, translation memory and automated translation) lalu tambahkan termbase di jendela yang muncul berikutnya.

Menambahkan termbase ke SDL Trados

Menambahkan termbase ke SDL Trados

Membuat termbase di SDL Trados

Cari letak termbase yang sudah kita buat melalui SDL MultiTerm

Setelah termbase dipilih, klik OK, Finish, dan Close. SDL Trados akan berada di mode Projects View. Klik dua kali project yang hendak diterjemahkan, untuk beralih ke Files View. Klik dua kali pada dokumen yang akan dikerjakan, dan SDL Trados akan beralih ke Editor View.

Pada gambar di bawah, dokumen sudah siap untuk diterjemahkan dan di sisi paling kiri belum ada termbase yang terekam.

Membuat termbase di SDL Trados

Editor view + panel termbase di SDL Trados

Untuk memasukkan istilah ke dalam termbase, pertama terjemahkan dulu segmen demi segmen hingga menemukan istilah yang “perlu” kita masukkan. Setelah itu, kita blok istilah di kolom source dan terjemahannya di kolom target.

Membuat termbase di SDL Trados

Memilih istilah untuk ditambahkan ke termbase

Tekan Ctrl + F2 untuk memasukkan istilah tersebut ke termbase. Lalu pada kolom termbase di sebelah kiri, klik pada ikon Save. Lakukan langkah yang sama untuk istilah-istilah lainnya.

Membuat termbase di SDL Trados

Klik “Save” untuk menyimpan istilah ke dalam termbase

Termbase ini nantinya dapat digunakan dalam proyek-proyek penerjemahan lain yang serupa.

Baca dan unduh contoh termbase untuk SDL Trados: termbase penerbangan sipil dan termbase penerbangan militer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *