Kita sedang menyunting satu paket file <.sdlppx> yang berisi 24 file <.sdlxliff>. Setelah melakukan QA di Xbench, ditemukan banyak ketidakkonsistenan pada segmen repetisi dan harus diseragamkan menggunakan SDL Batch Find and Replace.

Bagaimana jika proses find and replace di SDL Trados seperti pada tulisan saya yang terdahulu ternyata “merusak” file yang sedang kita kerjakan (dengan catatan bahwa opsi Create backups for changed files diaktifkan)?

Adanya opsi Create backups for changed files tentu ditujukan untuk menghindari kerusakan fatal atau hilangnya file yang sedang kita revisi.

Contoh kasus

Kita memiliki file <.sdlxliff> di beberapa folder “Working” pada drive D sbb:

Struktur folder terjemahan

Ilustrasi: Struktur folder terjemahan

Saat melakukan Batch Find and Replace, entah karena alasan apa, tiba-tiba aplikasi SDL Batch Find and Replace berhenti merespon atau tidak bisa bekerja dengan semestinya (find and replace mengalami kegagalan). Ketika kita coba menyegarkan (refresh) hasil QA di Xbench, ternyata salah satu file tidak dapat dimuat ulang (reload) sehingga tidak dapat melakukan QA lagi. Lalu, ketika file tersebut dibuka langsung di SDL Trados, juga tidak bisa.

Solusi

Pada SDL Trados, buka Project view pilih project yang sedang dikerjakan Open Project Folder id-ID. Cari file yang berekstensi <.backup>, misalnya ada file bernama MainDoc.sdlxliff.backup. Klik kanan pada file ini lalu pilih Rename, atau tekan tombol F2 pada keyboard. Hapus ekstensi <.backup> sehingga file tersebut kembali ke file semula, yaitu MainDoc.sdlxliff.

Jika Anda menggunakan Windows 10 dan pada Windows Explorer ekstensi <.backup> tidak tampil atau tidak terlihat, silakan masuk ke menu View lalu centang File name extension.

Begitu file kembali ke kondisi sediakala, silakan refresh Xbench, kemudian ulangi langkah-langkah menggunakan SDL Batch Find and Replace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *